Selasa, 09 April 2019

TENTUKAN PILIHAN, SIAP KONSEKUENSI DILAKUKAN



"Bun, hari libur nanti main yuk, ke mana gitu..." Shahia memberi usulan. Dia ini memang tipe explorer.

"Main ke mana ya enaknya? Kasih usulan dong... Kak Aksan ada ide?"

"Uhm,... ke mana ya?? Bun, kalau ke Lawang Sewu aja gimana?"

"Lawang Sewu itu mana sih Kak?" tanya Shahia kepada Aksan.

"Itu lo, Shah, yang dulu kita juga udah pernah ke sana. Yang pintunya banyak. Abis dari Lawang Sewu, ke mall gitu Bun, makan siangnya di mall. Hehehehe..."

"Waaaa seruuuu tuh ya Kak, Shahia mauuu ah Bun!"

"Oke, deal deh ya... ke Lawang Sewu, abis itu maem siang di mall. Cari tempat makan yang bagaimana hayooo?"

"Yang halaaaaaalll!!!" Keduanya serempak menjawab.

"Oke, berarti besok harus bangun pagi seperti kalau masuk sekolah. Beres-beres rumah bareng-bareng, lalu kita siap-siap ke Lawang Sewu!"


***

Alhamdulillah, komprod dalam hal menentukan pilihan kepada anak-anak, akan membuatnya berpikir kritis, tentang kenapa harus itu, dan beberapa alternatif lainnya terhadap pilihan tersebut.

Kita juga bisa menyisipkan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak, bahwa setiap pilihan akan melahirkan konsekuensi, sehingga mereka juga harus siap bertanggung jawab terhadap konsekuensi atas apa yang mereka pilih.

MasyaAllah ... anak-anak sudah pinter memilih dan Allah memampukan mereka untuk memahami konsekuensi di balik pilihan yang mereka buat.





#hari11
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar.


Salam kenal,


Hessa Kartika