Jumat, 23 Agustus 2019

Bentuk Karakter Anak dengan Minat Baca



Pada saat ini masalah yang sering membuat orangtua khawatir adalah ketika anaknya menjadi seorang anak yang memiliki moral kurang baik. Apalagi ketika melihat berita tentang kenakalan remaja yang semakin menjadi, membuat para orangtua semakin cemas akan bahaya pergaulan saat ini, termasuk aku.

Namun, aku berusaha menepis kekhawatiran ini cara mengajarkan kepada anak-anak sejak usia dini untuk berperilaku yang baik di lingkungan sosial. Aku yakin, apa yang kita tanamkan kepada anak sejak masih berusia dini akan selalu melekat dalam benak sang anak hingga ia dewasa.

Tentu saja, jika kita ingin membangun karakter anak dengan baik sedari kecil, kita harus mengajarkan hal yang baik padanya. Namun, bagaimana caranya? Ternyata beberapa ahli menyatakan bahwa salah satu caranya adalah dengan menghadirkan minat baca pada anak. 


Lalu, apakah menghadirkan minat baca pada anak akan langsung berdampak baik pada pembangunan karakter anak kita?

Jawaban para ahli adalah YA, saat kita memberikan bahan bacaan yang baik pada anak sejak dini akan membantu buah hati kita dalam membangun karakter pribadinya. Ada baiknya saat membaca buku tersebut, kita juga mendampinginya sehingga kita bisa menjelaskan kepadanya tentang berbagai macam hal baik secara langsung kepadanya.


***

Banyak Tahu dengan Membaca


Di zaman sekarang ini semua orang dituntut untuk lebih dapat kreatif dan peka terhadap informasi. Maka dari itu siapa saja yang memiliki wawasan yang luas pastilah memiliki kualifikasi untuk menjadi seorang karyawan yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

Nilai yang didapat dari sekolah atau perguruan tinggi tidak semata-mata akan membuktikan kemampuan seseorang. Orang yang wawasannya luas tentunya akan lebih mudah berkembang dalam berbagai hal, termasuk pekerjaan.

Tahukah temans manfaat memiliki minat baca sebenarnya amatlah besar, sayangnya masih banyak orang-orang yang merasa malas untuk melakukan kegiatan membaca karena berbagai macam alasan. Padahal jika kita lihat kembali, dengan minat baca bisa membimbing kita menjadi orang sukses yang siap menghadapi masa depan.

Ketika kita banyak membaca, maka kita akan lebih banyak tahu dan ketika sudah lebih banyak tahu maka kita akan semakin mudah bergaul. Mengapa demikian? Karena dengan banyak memiliki wawasan, kita akan lebih mudah berbaur dengan siapa saja, dan kita memiliki bahan pembicaraan yang banyak dengan orang-orang.

Begitu pula dalam pekerjaan pun, kita bisa lebih mudah berkembang karena wawasan tersebut membuat kita makin kreatif dan makin mudah dalam memecahkan berbagai macam masalah. Maka dari itulah dikatakan bahwa manfaat Minat baca itu memiliki dampak yang besar dalam kehidupan sehari-hari. 

Dan dari berbagai alasan itulah, aku sempat mengajak Aksan berkontribusi dalam antologi duet Ananda-Bunda dengan tema berbuat baik. Aksan menulis tentang pantang menyerah. Setelah selesai dengan beberapa buku pilihannya beberapa hari sebelumnya, kini Aksan memilih buku ketiganya bertajuk "Pecahkan Telurnya" untuk dia baca. 

Dan sekali lagi, apresiasi diberikan kepada editor atas naskahnya. Naskah Aksan terpampang paling depan, masyaAllah. Barakallah, Nak. Semoga tulisan-tulisanmu menginspirasi banyak orang. Aamiin ...




#SalamLiterasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar.


Salam kenal,


Hessa Kartika