Jumat, 23 Agustus 2019

30 MENIT PER HARI, BERI DIRI SENDIRI AMUNISI





"Lagi baca buku apa, Nak?"

"Ini loh Bun, Shahia lagi baca tentang anggota tubuh."

"Coba dong cerita, isinya tentang apa aja?"

"Ada panca indera nih, Bun. Ada nama bunda juga nih, AKU SI INDERA PENGECAP. Ini lidah kan ya, Bun?"

"Iya, sayang. Itu kan ada gambarnya. Hayo dibaca, fungsi lidah untuk apa saja coba?"

Shahia menundukkan pandangannya, fokus pada buku yang ada di hadapannya. Lalu dia mulai membaca dengan keras.



Selain berfungsi sebagai pengecap, lidah juga memiliki beberapa fungsi utama, antara lain membantu kita berkomunikasi, mengunyah, dan menelan makanan. Secara umum, lidah bisa mengecap empat rasa utama, yaitu manis, asam, pahit dan asin.
Untuk menjalankan fungsinya, lidah dibantu oleh sejumlah otot dan saraf yang langsung terhubung ke otak. Keberadaan otot-otot inilah yang membuat lidah bisa bergerak bebas ke segala arah di dalam rongga mulut.


"MasyaAllah, fungsi lidah luarbiasa ya, Nak. Allah Mahakeren ya ... Dia ciptain lidah dan anggota tubuh lainnya yang punya fungsi luarbiasa."

"Iya, Bun. Ini ada mata juga, indera penglihatan. Shahia baca lagi ya ..."

"Oke!"





Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Kita dapat melihat hijaunya sawah, kemacetan di jalan, dan rintik hujan di jendela karena mata kita berfungsi dengan baik.
Bila ditanya, pasti sebagian besar orang menjawab bahwa fungsi mata adalah alat untuk melihat. Namun, fungsi mata tidak hanya melihat gambar atau pemandangan saja. Fungsinya sangat amat banyak, hanya saja tidak terpikirkan oleh kita.
Selain melihat, ada beberapa kegunaan mata kita: menilai penampilan dan kepribadian seseorang, mengekspresikan emosi yang kita rasakan, mensyukuri keindahan, mengawasi segala hal yang mungkin membahayakan kita, mempelajari berbagai hal dan menjadi identitas diri seseorang.


"Pinter deh anak bunda, sekarang membacanya juga sudah lancar ya, Alhamdulillah ...."

"Shahia boleh lanjutin besok ya Bun?"

"Oke, Nak!"


***


Bagiku, membiasakan anak-anak membaca setiap hari minimal 30 menit membutuhkan effort yang luarbiasa. Meskipun emaknya dikenal sebagai penulis, yang tentunya punya amunisi tumpukan bacaan, bukan berarti dengan mudah anak-anak menuruni kegemaran membaca. 

Membiasakan mereka berinteraksi dengan buku setiap hari, merupakan misi panjang, hingga akhirnya akan tumbuh dalam dirinya mindset "Membaca adalah sebuah kebutuhan".






#SalamLiterasi







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar.


Salam kenal,


Hessa Kartika