Senin, 16 September 2019

Cara Cepat Si Kecil Menghafal Angka


Mengajarkan beberapa hal pada anak kecil memang butuh kesabaran ekstra. Banyak hal yang belum mereka kenal. Termasuk jika anak balita mulai belajar untuk mengenal angka.

Mengenalkan angka kepada balita tidak harus selalu dilakukan dengan cara membosankan. Anak akan antusias belajar angka dan jumlah, jika bundanya mengenalkan melalui permainan dan dengan cara menyenangkan. 


Susan A. Miller Ed.D., pakar pendidikan anak usia dini dan profesor di University of Pennsylvania, AS, menuturkan bahwa mengajarkan konsep pra-matematika dapat menstimulasi anak untuk berpikir logis dan sistematis sejak dini, melalui pengamatan terhadap benda atau gambar di sekitarnya.

Beberapa tips berikut aku rangkum dari beberapa sumber referensi, cekidot yuk!



Dengan membuat gambar angka


Ini adalah hal yang paling umum yang dapat dilakukan untuk mengenalkan angka pada si kecil. Di rumah, aku membuat gambar sesuai dengan angka yang aku tulis. Misalnya, jika aku menulis angka 3, aku menyertakan pula gambar burung dengan jumlah 3. Lula lebih bisa memahami dan menghafal angka 3 dengan mudah.



Mencocokkan angka
Ini adalah cara yang lebih sederhana loh! Aku hanya menggambar dengan bentuk angka yang hampir sesuai. Misalnya kursi untuk angka 4 dan tongkat untuk angka 1, lalu aku biarkan Lula menebak dengan benar.

Angka lompat
Cara ini biasanya aku gunakan saat anak beranjak usia 5 tahun ke atas, aku menggunakan monopoli atau ular tangga. Aku membiarkan anakku menghitung jumlah angka pada dadu dan kubiarkan uga ia menghitung sendiri di angka mana ia akan berhenti. Ini adalah cara yang cukup menyenangkan loh.

Menghitung angka
Cara ini adalah cara supaya anak mudah mengingat angka. Biasanya aku mengambil beberapa lembar kertas dan menuliskan angka 1- 10 di atasnya. Lalu aku sembunyikan kertas tersebut di sekitar rumah dan aku biarkan si kecil mencari kertas sesuai angka yang aku sebutkan.

Angka jiving
Aku mencoba cara ini juga. Aku ajarkan gerakan tertentu pada Lula dan menyesuaikan dengan angka. Misalkan aku mengatakan 'sembilan' maka aku biarkan Lula memperagakan gerakan tertentu selama 9 kali. Sebutkan 'satu', dan biarkan ia mengulangi gerakan sekali saja. Menyenangkan bukan?

Tebak angka
Yang satu ini juga permainan yang menarik. Aku membuat teka-teki, anak-anak akan menebak berdasarkan petunjuk yang aku berikan. Contohnya aku menggambar rumah dan menamai rumah sebagai nomor 5. Atau aku menggambar pohon dan menamainya sebagai nomor empat. Permainan ini sangat menyenangkan, selain itu dapat meningkatkan kecerdasan anak Anda pula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar.


Salam kenal,


Hessa Kartika