Senin, 02 Desember 2019

#1 : MENGENALKAN KONSEP FINANSIAL PADA ANAK






Mendidik anak bukan hanya soal mendapatkan nilai bagus di sekolah, karena kecerdasan seorang anak tidak bisa diukur hanya dari kecerdasan akademis di sekolah saja. Tapi juga hal-hal yang bisa diaplikasikan dalam kehidupannya. Kepandaian anak dalam mengatur emosi, berinteraksi di lingkungan sosial dan juga kemampuannya mengatur keuangan juga menjadi bagian dari kecerdasannya. Nah, untuk itu mengasah kecerdasan finansial, mengelola keuangan sebaiknya mulai ditumbuhkan sejak dini. Bagaimana pun, kelak ketika anak-anak dewasa, mereka harus mengurus hidupnya sendiri, termasuk keuangannya. 


Banyaknya masalah keuangan yang melanda orang dewasa ternyata bukan disebabkan oleh jumlah penghasilan yang kurang, melainkan lebih pada minimnya pengetahuan tentang bagaimana cara memanfaatkan sumber finansial yang ada. Sehingga aku berharap, dengan memberikan pelajaran finansial sejak dini, anak-anak bisa memanfaatkan uang yang dimilikinya dengan bijaksana. Sebagai orangtua, aku sangat ingin genk krucilku tumbuh menjadi pribadi terhindar dari gaya hidup konsumtif, aku pun menyusun beberapa rencana simpel dan efektif yang dapat membuatnya lebih melek finansial. 





Hal sederhana pertama yang sering aku lakukan adalah mendongengi mereka dengan kisah-kisah bijaksana dalam mengelola uang. Aku mencoba menghindari menggunakan bahasa yang terlalu rumit untuk dipahami oleh anak-anak. Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengenalkan soal finansial adalah lewat dongeng yang sudah familiar di telinganya. Seperti Cinderella untuk mengingatkan pentingnya menabung untuk menghadapi ketidakpastian di masa yang akan datang atau Red Riding Hood yang mengajarkan sikap menunda-nuda pekerjaan hanya akan berakibat fatal.


Kedua, membiasakan anak-anak menabung. Aku merasa yakin, jika sejak awal anak sudah diajarkan untuk menabung sisa uang jajan, ini akan meningkatkan pemahaman soal keuangan. Aku juga mengajari mereka mangatur tabuangan di bank. Memberi penjelasan tentang apa saja keuntungan yang didapat dengan menabung di bank, yang paling utama adalah lebih aman daripada hanya ditabung di celengan di rumah. Berbicara tentang bank, aku juga mulai bercerita tentang bahaya riba. Sehingga ketika mereka paham konsep, tujuan menabung di bank hanyalah dengan niat supaya lebih aman, bukan untuk mengharapkan bunga tabungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar.


Salam kenal,


Hessa Kartika