Selasa, 03 Desember 2019

#10 : Buku Daur Ulang





Proyek "Beberes Rumah" meninggalkan jejak tumpukan barang bekas. Barang-barang bekas dapat kita gunakan untuk daur ulang dan diolah menjadi barang-barang yang berguna. Bahkan, dapat memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar kita untuk membuka lapangan kerja baru dan menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar. 


Mungkin, aku gak akan melakukan sejauh itu, aku hanya ingin fokus agar kertas-kertas bekas buku tulis anak-anakku tidak mubazir. Lembar-lembar yang masih kosong dari bekas buku sekolah anak-anakku, aku kumpulkan.


Yess, kali ini proyeknya adalah mendaur kertas!


Pengertian daur ulang adalah salah satu cara untuk menggunakan barang bekas untuk dipakai kembali menjadi barang yang serba bermanfaat atau bisa juga diolah menjadi barang yang dapat diperjual belikan. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran lingkungan akibat sampah plastik yang dibuang sembarangan.


Melibatkan anak-anak adalah hal yang wajib dalam semua aktivitas rumah. Anak-anak memilah buku-buku mereka yang sudah terpakai. Halaman-halaman yang masih kosong diambil. Sedangkan bagian yang sudah penuh tulisan dimasukkan ke dalam kardus yang nantinya akan kami berikan kepada pemulung. 


"Kira-kira, kertas-kertas ini mau diapain ya?" Aku mencoba menggugah kreativitas mereka.


"Uhm ... ya dibuat buku lagi aja, Bun." Simpel, Shahia dengan cepat menjawab.


"Yess, kita bikin buku lagi aja ya!" balasku sambil mengusap rambutnya.


Aku mulai merapikan kertas-kertas bekas tersebut, kemudian aku pisah menjadi beberapa bagian. Delapan tumpuk yang aku pisah dengan penjepit kertas siap disulap kembali menjadi buku.


Aku membawanya ke toko fotocopy untuk dijilid ring. Dan taraaaa ... hasilnya, kertas-kertas bekas itu menjadi beberapa buku yang siap digunakan lagi. Alhamdulillah ....


Selain mengajarkan anak-anak menghargai barang bekas, buku daur ulang ini juga aku harap bisa menjadi hikmah bagi anak-anakku supaya tidak mubazir terhadap segala sesuatu. Karena Allah ciptakan segala sesuatu tidak ada yang sia-sia. Maka sebagai makhluk ciptaan Allah yang disempurnakan dengan akal dan pikiran, aku berharap semoga anak-anakku kelak menjadi insan yang senantiasa kreatif dan efektif dalam memanfaatkan segala sesuatu. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar.


Salam kenal,


Hessa Kartika